Menjadi penyelam itu sangatlah menyenangkan. Ketika  memutuskan untuk mengambil lisensi sebagai seorang penyelam,  tingkat kesadaran menjaga lingkunganpun menjadi bertambah. Scuba diving adalah olahraga yang menarik dan menyenangkan. Ketenangan bawah laut seperti terapi yang dapat menyembuhkan. Dan memberi pelajaran dalam sisi lain kehidupan. Seiring waktu mampu  menjadi philosopi kehidupan.

Seringkali setelah menyelam saya menikmati poto-poto wajah bahagia diri sendiri, ketika sudah naik kembali ke kapal atau perjalanan kepantai setelah melakukan penyelaman, lalu berbagi cerita dan pengalaman tentang mahkluk laut  dan arus bawah laut, wajah-wajah kami yang  bahagia dan tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Wajah lelah namun sangat  bahagia. Saya menyebutnya wajah “sea gasm”.

Dibawah laut kami hanya sibuk menikmati ciptaan Tuhan dan sesekali mengamati SPG (Submersible Pressure Gauge). Dan melakukan komunikasi dengan tanda-tanda komunikasi yang hanya kami sesama penyelam yang mengerti. Meninggalkan mobile phone dan tidak harus menjawab email. Memasuki dunia yang tenang, dan hanya mendengar suara napas sendiri.  Seiring  bertambahnya divelog kita akan merasakan sensasi melayang dibawah air. Sama seperti ikan yang menikmati setiap gerakannya.

Scuba diving bisa dilakukan oleh siapa saja dari mulai anak 8 tahun hingga orang tua. Tetapi, tentu ada syarat-syarat yang harus dipenuhi agar kita bisa aman dalam melakukannya. Pada dasarnya, olahraga ini risikonya cukup tinggi, namun jika melakukannya dengan prosedur yang benar, petualangan di bawah laut akan sangat menyenangkan, aman, sulit dilupakan, dan bahkan bisa menghilangkan stres dari penatnya pekerjaan. Scuba diving  bukan  olah raga yang berkompetisi, kita hanya diajak menikmati kedalaman laut tanpa adanya persaingan. Dan sebagai pekerja kantor seperti saya yang sering dihinggapi rasa kebosanan dan stress, menyelam adalah salah satu penyeimbang hidup.

Scuba diving olah raga yang bisa dinikmati sampai tua, yang penting kesehatan memungkinkan. Anak usia 8 tahun sudah bisa melakukan program latihan dengan pengamanan seorang  dive guide. Usia 10 tahun bahkan sudah bisa mendapatkan sertifikat Junior Open Water Divers, dan mulai usia 15 tahun bisa mendapatkan Open Water Divers, serta tidak ada batasan usia untuk diving. Akhirnya saya memilih scuba diving  karena berharap saya dapat menikmati dunia bawah laut dengan anak cucu saya kelak...