Terletak di sebelah barat Pulau Bali, Pulau Menjangan menjadi salah satu bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Pulau Menjangan dikenal sebagai salah satu spot diving dan snorkling terbaik di Pulau Bali. Karena dikawasan pulau tersebut tersimpan keindahan bawah laut yang luar biasa. Saya bersama buddy  yang meracuni saya discovery dive , siap  untuk menikmati bawah laut Taman Nasional Bali Barat .

 

Ini adalah kunjungan saya yang ketiga tetapi menjadi  pertama untuk  diving. Sebelumnya saya hanya snorkling disini. Dan karena   jiwa adventure saya yang cukup besar, saya penasaran bagaimana rasanya untuk turun lebih dalam lagi ke dunia bawah laut. Di Pulau Menjangan saya berjanji untuk mengambil kursus Open Water. Maka  setelah saya lulus dan memiliki lisensi menyelam atau Scuba Diving License. Tempat ini menjadi spot pertama yang saya kunjungi. Dan Wetsuit saya pertamakali saya basahi ditempat ini juga.

 

Beruntungnya tempat saya menginap di sebuah resort bernama Waka Shorea dan hanya satu-satunya resort yang terdapat di Taman Nasional Bali Barat, sebuah resort dengan konsep natural dan hidup berdampingan bersama hewan-hewan yang dilindungi di Taman Nasional ini. Banyak hewan hidup bebas di pulau ini. Seperti kera hitam, babi hutan, burung jalak bali dan rusa /menjangan. Ini adalah tempat yang sempurna untuk mendengar suara alam. Suara deburan ombak dan suara pepohonan ditengah hutan  menyempurnakan kedamaian dalam berlibur.

 

Apabila menginap di Waka Shorea Resort  kita akan diseberangkan secara gratis oleh kapal yang dimiliki oleh resort tersebut.  Walaupun kapalnya sedikit menyeramkan ya... Sepertinya tidak terawat dengan baik. Tiba siang hari di Waka Shorea, kami akan memulai rencana diving dikeesokan harinya. Sore hari kami nikmati  dengan memandang pantai di depan resort. Walaupun dari website ada kayaking  sebagai fasilitas tetapi ternyata sudah tidak ada. Menurut saya resort ini kurang perawatan. Padahal sangat unik untuk sebuah resort di dalam Taman Nasional.

 

 

Pagi hari kami dijemput oleh Dive Operator yang sudah kami konfirmasi dari Jakarta. Saya sangat exited mengingat pengalaman snorkling saya yang super seru di tempat ini. Bersama buddy yang  sudah advance saya siap untuk memulai petualangan diving pertama saya. Kedatangan kami di bulan january ternyata kurang tepat, visibility kurang maksimal. Musim hujan membuat banyak sekali sampah. Akhirnya kami hanya melakukan 2 kali dive. Dive site pertama kami di coral garden dekat dengan patung Ganesha. Lalu dive kedua juga tidak terlalu jauh dari pos sebelumnya.  Menikmati wall  bawah laut, sea fan, ikan warna warni  khas Pulau Menjangan. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan.

 

Waka Shorea sebenarnya tempat yang sempurna untuk sebuah resort didalam Taman Nasional. Jika anda pecinta keheningan dalam berlibur. Jauh dari hiruk pikuk dan kembali kepada alam. Siang hari tidak ada listrik, internet apalagi. Adakalanya kita membutuhkan liburan yang tidak menyediakan koneksi internet agar kita dapat dengan cepat terkoneksi dengan alam. Bagi saya tempat ini memang lokasi berlibur yang  sempurna.  Eat, Sleep, Dive...and Repeat.

 

Finale ... hati sayapun tertinggal di pulau ini.

 

The more you praise and celebrate your life, the more there is in life to celebrate.