Faktanya, saya tinggal di negeri yang memiliki garis pantai terpanjang ke empat di dunia. Negeri yang terdiri dari lebih 17 ribu pulau dan luas negrinya terdiri dari 3/4 lautan. Negeri bahari, negeri yang terkenal kaya akan hasil lautnya. Negeri yang sejak dahulu terkenal akan pelayarannya, negeri yang terkenal akan keanekaragaman, tidak hanya ikan, biota laut, tetapi taman lautnya yang tersebar diseluruh negri. Ada kehidupan yang berbeda, yang penuh warna, penuh kejutan.

 

Maka setiap tahun saya mulai membuat rencana menyelam ke tempat tempat yang baru, yang belum pernah saya kunjungi. Ada keinginan untuk setiap tahun menambahkan destinasi yang baru di dive log book. Dunia bawah laut  sangat tenang dan damai. Selain bunyi nafas sendiri, tidak akan mendengar bunyi yang lain. Bawah air merupakan tempat yang tepat untuk relax dan untuk sementara melupakan hiruk pikuk dunia.

 

Dengan melihat dan menikmati keindahan terumbu karang, hiu, penyu laut, clown fish dan ribuan jenis ikan ,otomatis ikut berusaha melindungi makhluk-makhluk tersebut dari kepunahan. Saya mulai membenci polusi laut, dan bangga dengan kekayaan bawah laut Indonesia. Melihat penyu laut berusia puluhan dan ratusan tahun dengan jarak dekat. Bermain dengan mereka dan pengalaman ini tidak akan bisa dilukiskan dengan kata-kata. Menyelami bawah laut membuat kita dekat dengan alam, menghargai kehidupan, menghargai ciptaan Tuhan, dan membuat liburan kita menjadi lebih menyenangkan dan bermakna.