Akhir pekan ini, saya memulai sebuah petualangan baru. Salah satu yang  mengubah saya jauh melampaui zona kenyamanan selama ini. Saya  merekam perjalanan  ini, sebagian untuk diri saya  agar melihat perubahan  hari demi hari, atau mungkin suatu saat berguna untuk orang lain.

Awal - mula persahabatan saya dengan Yoga...

Kembali pada tahun 2011, pekerjaan saya pindah ke daerah Kuningan dan mulai mendaftarkan diri disalah satu tempat Gym dekat kantor. Selama lima tahun lebih saya mengikuti kelas yoga, rpm, body combat, body pump, body balance. Tapi yoga menjadi kelas favorite yang selalu kutungggu-tunggu. Dari sana, selama beberapa tahun kedepannya, saya jatuh cinta dengan yoga... membuat keputusan untuk mengubah hidup saya dengan sikap yang lebih positif dan pendekatan untuk hidup sehat. Dari sana, saya ketagihan.

Mengapa Yoga Teacher Training? Saya sudah berpikir 3 tahun lalu tentang (YTT) akhirnya dengan kebaikan Tuhan, support dari keluarga yang mengijinkan saya untuk belajar, teman-teman yang selalu memotivasi, saya menyelesaikan (YTT). Saya mengakui,  belum sempurna untuk disebut guru yoga. Saya belum mampu head stand dengan sempurna tanpa bantuan. NAMUN, bagian rasional otak saya tahu bahwa pelatihan guru yoga bukan tentang hal pose yang sempurna seperti versi instagram. Ini tentang berbagi cinta dan gairah untuk berlatih yoga dengan orang lain. Pelatihan guru Yoga tampak seperti langkah alami dalam menggabungkan beberapa gairah hidup saya. Menjaga keseimbangan hidup, menghargai apa yang ada disekitar kita. Hidup berdamai dengan diri sendiri dan orang lain. Berharap saya bisa membawa pelajaran dari pelatihan guru yoga (YTT), dan akhirnya mengajar dalam kelas yoga. Melalui pelatihan guru yoga, saya mampu memperdalam praktek, belajar lebih banyak tentang sejarah dan filosofi yoga dan akhirnya menjadi cukup percaya diri untuk mengajar dan membantu orang lain menemukan diri mereka dan semangat mereka melalui yoga.

Saya benar-benar bersemangat untuk menjadi murid lagi pada saat pelatihan (YTT). Saya menikmati ketika proses  pengajaran dari  Master Slamet. Sahabat-sahabat baru yang saling mendukung. Thank you mates ( Bu Harry, Axel, Sheeta, Eka, Vita, Donna, Sean, Adit, Chandra, Ferry). Master mengajari kami dengan penuh kesabaran dalam kelasnya, dan penuh gairah mendiskusikan silabus (YTT). Membawa jurnal dan berpikir tentang pekerjaan rumah setiap malam... Saya gugup ketika ujian final dan test praktek mengajar, bahwa pelatihan guru yoga (YTT) akhirnya membuat saya sangat emosional.

Kami berbagi cerita  latar belakang masing-masing dari kami  akhirnya mengambil kelas (YTT) . Dan bagaimana berlaku untuk menjadi guru yoga...Banyak yang saya pelajari dalam pelatihan ini. Yang paling utama adalah Yamas dan Niyamas.

The five yamas, self-regulating behaviors involving our interactions with other people and the world at large, include:

 

  • Ahimsa: nonviolence
  • Satya: truthfulness
  • Asteya: non-stealing
  • Brahmacharya: non-excess (often interpreted as celibacy)
  • Aparigraha: non-possessiveness, non-greed.

 

The five niyamas, personal practices that relate to our inner world, include:

 

  • Saucha: purity
  • Santosha: contentment
  • Tapas: self-discipline, training your senses
  • Svadhyaya: self-study, inner exploration
  • Ishvara Pranidhana: surrender (to God)

Setelah diskusi tentang aturan etika yoga, kami juga mempelajari tentang anatomi. Juga berdiskusi mengenai sistem Chakra. Dan kegiatan  yang berhubungan dengan Chakra.

Chakra berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti roda (berputar). Chakra adalah suatu titik pembangkit energi Metafisika Spiritual dan energi. Metafisika 4 Unsur Alam Semesta yang ada pada organ tubuh. Chakra yang ada di tubuh manusia berbentuk seperti roda berputar dan seperti bunga teratai yang berkembang. Ada tujuh chakra utama yang ada di tubuh manusia, yaitu:

1. Chakra Mooladhara (chakra Kundalini atau chakra Dasar)

2. Chakra Svadhistana (chakra Sex atau chakra Alat Kelamin)

3. Chakra Manipura (chakra Pusar )

4. Chakra Anahata (chakra Jantung)

5. Chakra Visudhi (chakra Tenggorokan)

6. Chakra Ajna (chakra Mata Ketiga atau chakra Spiritual pada Jasad)

7. Chakra Sahasrara (chakra Mahkota atau Pintu Gerbang Energi Spiritual)

Saya  bersyukur menyelesaikannya (YTT), saya tahu  masih ada  perjalanan panjang didepan sana. Yoga adalah tentang kemajuan bertahap, bukan kesempurnaan. Dan siap untuk menerima kritik dan masukan untuk terus memperbaiki diri dan praktek. Saya tidak sabar untuk mempelajari lebih lanjut tentang yoga, dan menggali lebih dalam lagi potensi diri saya sendiri. Juga  berbagi cinta dan gairah yoga dengan orang lain melalui pengajaran!

Biarkan perjalanan dimulai...