Setiap kita terkadang disinggahi rasa bosan atau seperti merasa kehilangan motivasi. Seperti tidak tahu bagaimana untuk keluar dari kubangan kebosanan. Bangun, lalu menghabiskan waktu untuk kemacetan pergi bekerja, pulang, lalu pergi  tidur, dan setiap hari berlalu begitu saja. Terkadang mungkin kita berpikir mampu melakukan segala hal. Tetapi kenyataannya adalah bahwa tidak ada yang mampu menyelesaikan semua hal sendiri. Kadang kita membutuhkan teman atau sahabat yang mampu memaksa kita keluar dari rumah, sekedar membuang rasa bosan. Mendengarkan dengan telinganya, menjawab setiap teksting sampahmu yang tak beraturan itu  bentuk kalimatnya ketika  emosimu sampai pada puncak amarah. Dan secara spontan  memberitahu sisi baikmu sehingga sepertinya amunisi menjadi bertambah untuk keluar menghadapi semuanya.

Keluarga, sahabat, atau bahkan rekan kerja menjadi sebuah kekuatan besar untuk menghadapi rasa demotivasi. Banyak orang merasa tidak bahagia karena tidak ada dalam hidupnya yang menggairahkan mereka. Kemungkinan zona nyaman yang membawa kita menjadi tidak bersemangat  menjalani hari-hari kita. Bagi saya  hobi juga menjadi salah satu hal yang membuat hari-hari menjadi lebih bersemangat. Hobi itu seperti  bunga pada kerasnya batang pada sebuah tanaman. Dia menjadi pemanis ketika terkadang hari-hari yang penat bergulir memakan waktu. Hobi menyelam yang saya mulai diakhir tahun 2013 menjadi racun yang menyenangkan untuk menangkal racun-racun yang datang dalam hari hari yang terkadang membosankan. Ketika daratan  yang 30% ini memberi tekanan, mari kita  selesaikan tekanan tersebut  pada bagian 70% nya. Setelah menyelam  biasanya  saya cukup bersemangat  menerima tantangan untuk hari-hari kedepan. Dan, kembali menyelam lagi ketika rasa bosan datang lagi menyerang. Hahahaha...never ending story jadinya.

Dengan menyelam, selain mendapatkan pengalaman yang super seru, saya juga menjadi lebih tenang, tidak mudah panik, dan selalu berusaha bertindak yang benar ketika berada dalam situasi sulit dan penuh tekanan.

It's So True... If Nothing Goes Right, Go Down.