Print 

 

Pameran Deep and Extreme Indonesia yang berlangsung mulai 31 maret - 03 April 2016 menjadi salah satu acara yang ditunggu-tunggu seluruh pecinta outdoor activity. Karena kontribusinya dalam membantu komunitas bisnis nusantara mempromosikan wilayahnya dan para pebisnis alat-alat outdor activity untuk penjualan produknya kepada orang-orang yang tepat. Penyelam, pelancong alam, petualang laut, dan  para penyuka extreme sport. Selain juga sebagai tempat bertemu dan reunian teman- teman yang memiliki ketertarikan di dunia bawah laut.

Tahun ini saya berkunjung dihari pertama dan hari terkahir. Janjian dengan teman-teman yang memiliki hobi yang sama. Saling meracuni alat dan paket dive trip. Memang sangat luar biasa antusias pengunjung. Mulai dari pengunjung dengan tahap yang baru ingin tahu dan mulai suka, sampai para master dan maha guru yang sudah lama aral melintang didunia diving. Sudah sepatutnya para pebisnis ini berterima kasih kepada media dan para artis yang telah membuat pecinta outdoor terutama diving menjadi berkembang pesat akhir akhir ini.

Saya bahkan sempat berkunjung di booth RAID dan mendegarkan pembicaraan instruktur bule bermata biru yang sedang membahas antusias pengunjung hari itu. Memang hari terakhir penuh sesak dan nyaris seperti pasar tumpah. Mungkin transaksi perhari bisa  mencapai milyaran rupiah. Bahkan ketika diluar sana rusuh dengan pertandingan bola AREMA VS PERSIB tidak mengurungkan niat untuk berkunjung ke JHCC.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama 4 hari tersebut, para pengunjung akan diberi fasilitas berupa uji coba menyelam dalam akuarium raksasa, lengkap dengan arahan dari instruktur profesional, kegiatan wall climbing, pameran foto-foto bawah laut dari pemenang kompetisi fotografi laut yang digagas DEEP Indonesia. Juga ada kegiatan seminar dan talk show terkait public awareness program dan perihal konservasi alam.

Saya yang menyempatkan untuk duduk manis mendengarkan talk show  hari itu sangat menyayangkan bahwa sesi konservasi mengenai lingkungan sangat minim. Para  idola tersebut sepertinya fokus pada  para industri untuk menaikan penjualan alat. Membuat keinginan untuk upgrade, bukan memunculkan ide kreatif dan teknik-teknik untuk menciptakan kreasi baru.

Saya berharap ditahun-tahun berikutnya penyelenggara lebih mengedepankan tema konservasi laut itu sendiri, meningkatkan skill buoyancy dan bagaimana menjadi diver yang memberi dampak positiv untuk alam dan lingkungan. Pameran Deep and Extreme tidak dapat dipungkiri akhirnya  menjadi surganya para pecinta olahraga bawah laut. Semoga ditahun berikutnya mengalami kemajuan yang tidak hanya fokus pada hal-hal  komersialisasi saja.

Kata bijak dari seorang teman...

Always be a smart shopper !!! Know your self, know what you need, know your pocket.