Saya jatuh cinta dengan yoga karena telah banyak mengubah pola pikir saya tentang arti kata sehat. Sebagai sipecinta "keseimbangan" yoga juga  mengajarkan agar tubuh, jiwa dan pikiran kita mampu berada pada posisi yang seimbang. Mampu saling mendengar, mampu saling berbicara satu dengan yang lainnya. Saya mulai merasakan  adanya perubahan pada tubuh, jiwa dan pikiran. Bukti yang paling nyata adalah  masa PMS, atau  sering saya  menganalogikannya sebagai "periode senggol bacok". Tanpa saya sadari berjalan dalam hari-hari dan kegiatan yang normal, berlalu tanpa memakan korban. Saya bisa mengendalikan pikiran, lebih peka terhadap perubahan fisik dan dapat mengerti dengan emosi saya  yang sedang swinging mood. Akhirnya yoga dalam perjalanannya mengajarkan saya banyak hal untuk  melewati hari-hari dengan lebih baik lagi. Terkadang, rasa malas dan aktivitas lain yang super duper padat membuat aktivitas untuk melakukan yoga terlewat. Tetapi saya mulai berkomitmen untuk melakukannya kembali setiap hari minimal 1 jam untuk investasi kesehatan tubuh, jiwa dan pikiran. Ketika saya mengupload beberapa yoga pose justru telah menginspirasi beberapa teman untuk kembali berolahraga. Ini  menjadi  energi baru, untuk tetap konsisten melakukan aktivitas ini setiap hari.

Kata “yoga” berasal dari bahasa Sansekerta, yang mengandung makna sebagai sebuah aktivitas dimana seseorang harus memusatkan seluruh pikiran agar dapat mengendalikan panca inderanya. Hal ini berarti bahwa kita harus mampu mengontrol, mengatur, dan berkonsentrasi penuh sehingga dapat menciptakan keselarasan serta keseimbangan antara tubuh, jiwa dan pikiran.

Sebagai olah seni fisik dan jiwa, yoga mengkombinasikan pengendalian pikiran, pernapasan, dengan latihan fisik. Gerakannya cenderung halus dan tidak terburu-buru. Dalam latihan yoga, setiap postur yang diajarkan memiliki arti yang berbeda entah itu arti untuk tubuh atau pikiran. Postur duduk, misalnya, dimaknai sebagai pose untuk relaksasi. Sementara postur berdiri, dimaknai sebagai cara untuk membangkitkan energi.

Salah satu perubahan yang mulai saya rasakan adalah menghilangkan kebiasaan buruk yang selama ini membawa kenikmatan, seperti mengonsumsi makanan kaya karbohidrat atau minuman tinggi gula. Saya mulai berpikir ulang  untuk makanan cepat saji atau meminum kopi ke-3 dalam sehari. Terkadang menyerah , setidaknya saat akhir pekan. Yoga memberikan pandangan yang lebih luas tentang apa yang benar-benar saya  inginkan untuk kesehatan yang berkelanjutan. Ada filosofi dalam yoga yang bisa membantu lebih menyadari bahwa ada sesuatu yang lebih besar didepan sana  bila lebih bersabar untuk mendapatkannya.

Untuk hal pose yoga sendiri, menurut saya adalah proses dalam filosofi kehidupan. Akan terus diminta untuk maju ke variasi yang lebih menantang. Dan kita menjadi mulai belajar dan  mengerti akan tubuh kita sendiri, mengetahui kapan tubuh siap untuk pindah kelevel berikutnya. Dengan begitu, dalam kehidupan sehari-haripun, akan terbiasa untuk melakukan sesuatu secara bertahap sehingga memberikan waktu lebih  untuk menyadari pencapaian sehat apa saja yang telah berhasil diraih. Hal itu bisa menjadi motivasi besar untuk terus bergerak maju. Setiap orang memiliki perbedaan kelenturan dalam tubuhnya, jangan pernah menjadi terintimidasi dengan kelenturan tubuh orang lain. Kita harus tetap mengsingkronisasikan dan mendengarkan tubuh kita sendiri. Adalah normal untuk mencapai posture dan pose yang sempurna. Tapi yoga bukan hanya sekedar posture sempurna. 

Di bawah ini saya  mengutip empat pelajaran hidup penuh makna yang tertuang dalam gerakan yoga ciptaan Iyengar :

 

Yoga mengajarkan kita untuk mengobati hal yang tidak dapat dapat ditahan, dan menahan hal yang tidak dapat diobati.

Makna: Di dalam hidup akan selalu ada rintangan. Jangan pernah putus asa mencari solusi terbaiknya, karena takdir manusia ada di bumi adalah untuk bertahan hidup hingga maut menjemput.

 

Tindakan adalah gerakan berisi intelegensia. Dunia ini dipenuhi oleh gerakan. Apa yang dibutuhkan oleh dunia adalah lebih banyak gerakan secara sadar, lebih banyak tindakan.

Makna: Melalui Yoga, Iyengar menyerukan penyelarasan tujuan hidup dalam meraih sukses. Penyelarasan tersebut berisikan upaya terbaik dalam merencanakan kehidupandengan seksama, dan tidak gegabah dalam mengambil keputusan.

 

Jadilah sosok yang menginspirasi, bukan yang membanggakan.

Makna: Hidup akan lebih bermakna jika dapat memberi inspirasi yang baik kepada orang, dibandingkan sekadar bangga akan pencapaian yang diraih.

 

Yoga tidak mengubah seseorang menjadi lebih baik, namun yoga membimbing kepada tindakan positif.

Makna: Melalui yoga, manusia diajarkan untuk menyeimbangkan antara jiwa dan raga, sehingga didapatkan damai dalam diri, di mana mampu mendorong seseorang untuk lebih positif dalam bertindak.

 

Setelah memilih yoga sebagai aktivitas fisik,  berikut tips yang cukup sederhana dari saya, pastinya tidak sebanding dengan  mahaguru Iyengar ya, hehehehe...

  1. Duduk dalam posisi senyaman mungkin (tetap posisi badan tegak alias jangan membungkuk)

  2. Pejamkan mata, lemaskan badan dan dengarkan suara musik (musik khusus untuk meditasi/Nada yoga)

  3. Fokuskan diri pada suara (musik) 

  4. Atur pernafasan (inhale exhale)

  5. Fokuskan diri pada satu titik yang membuat tenang

  6. Fokuskan diri dari kebisingan disekitar, balik lagi ke suara musik

  7. Being freed from the walking and the sleeping states. The body does not feel the duals, like heat or cold.  Honor or dishonor, joy or sorrow.

     

    YOUR SOUL, YOUR BODY, YOUR RITUALS.