Pagi hari pukul 09.00 WITA saya tiba di Manado. Lalu melanjutkan perjalanan ke Bitung. Perjalanan memakan waktu tempuh sekitar 90 menit, lalu tiba di Kungkungan Bay Resort. Resort ini terletak sangat strategis, persis didepan selat Lembeh, dibelakang cottage saya ada perbukitan yang masih sangat alami. Setiap cottage memiliki pemandangan laut dengan keindahan Selat Lembeh dan pulau didepannya. Kungkungan Bay Resort sempurna untuk menyelam rasa princess mermaid. Mungkin ada baiknya  dicoba, diving like princess dalam setahun kalender penyelaman,  bolehlahhh....

Selat Lembeh di Sulawesi Utara menawarkan spot Muck dive yang sangat kaya. Menyelam dengan sedimen, tetapi penuh dengan makhluk kecil yang tak pernah saya lihat sebelumnya. Frog fish dengan berbagai warna dan ukuran yang sangat besar. Makhluk yang saya imajinasikan seperti alien. Mereka melakukan penyamaran dengan baik untuk melindungi diri mereka dari predator. Dan melakukan kamuflase untuk menangkap mangsa. Ketika mangsa mendekati frog fish, mereka membuka mulutnya secara luas dalam gerakan tiba-tiba, lalu menarik mangsa itu kedalam mulutnya. Melihat semua moment itu didepan mata saya, membuat saya merasa sangat beruntung. Saya juga bertemu dengan naga laut Lembeh yang juga disebut pipehorses kerdil. Seperti namanya, ikan ini terkait dengan kuda laut dan pipefish. Naga laut Lembeh hanya dapat ditemukan di Selat Lembeh dan beberapa daerah lainnya di Indonesia. Mereka berukuran sekitar 15cm dengan tubuh string dan sangat tipis. Saya suka semua jenis sea horse terutama si pinki pigmi. Mereka sulit untuk ditemukan, karena melakukan penyamaran sangat baik, ukuran maksimum kurang dari 3 cm. Dan hanya dapat ditemukan di Asia Tenggara yang disebut coral triangle, jadi betapa beruntungnya kita menjadi bagsa yang memeiliki coral triangle terluas di dunia.

Selat Lembeh juga adalah surganya nudibranch. Hari kedua saya menyelam di  Nudi Falls Dive Spot. Bagi saya nudibranch adalah kupu-kupu dalam laut. Mereka begitu memiliki banyak warna dan bentuk. Dan yang paling penting mereka tidak bergerak cepat seperti ikan. Membuat mereka subjek yang sempurna untuk difoto. Nudibranch memiliki insang yang telanjang karena mereka bernapas melalui bulu-bulu branchial yang membentuk cluster di belakang tubuhnya. Mereka adalah hermaprodit, membawa organ reproduksi wanita dan laki-laki. Saya melihat begitu banyak makhluk alien yang berbeda-beda selama 3 hari. Dan di Selat Lembeh adalah tempat dimana untuk pertama kalinya saya bertemu dengan berbagai alien. Berharap suatu hari nanti akan kembali lagi menyelam bersama alien.